Halaman

Sabtu, 23 April 2011

BEBERAPA MASALAH YANG SERING TERJADI PADA KOMPUTER

Bila komputer tidak mau hidup ketika semua sudah terpasang dengan baik maka yang perlu diperhatikan adalah pedeteksian awal pada computer.

Beep
Bila komputer dinyalakan tetapi ada tanda bunyi 1, 2 sampai 5 kali, maka yang perlu diperiksa adalah : Chip memory atau Chip DMA kurang bagus atau Chip memory addressing kurang baik pada mainboardnya. Jika ini terjadi salah satu cara untuk mengatasi adalah matikan komputer lalu betulkan posisi SDRAM/DDRAM. Kemudian nyalakan kembali, bila kondisi tetap demikian kerusakan mungkin terjadi pada DMA. Untuk DMA posisinya telah menyatu atau tersolder dengan mainboardnya maka salah satu cara adalah menggantinya dengan yang lain.
Bila tanda bunyi 6 kali, maka yang perlu diperiksa adalah : Keyboard controller yang rusak, ganti keyboard yang baru Informatika Pertanian Volume 14, 2005 832
Bila tanda bunyi 7 kali, maka yang perlu diperiksa adalah : Chip CPU tidak berfungsi dengan baik atau adakalanya mati, langkah selanjutnya adalah mengganti dengan yang baru, ini tidak bisa diperbaiki selain oleh pabrik pembuatnya.
Bila tanda bunyi 8 kali, maka yang perlu diperiksa adalah : Video card kurang baik, pastikan posisinya cabut dan pasang kembali dengan tepat, jika masih tetap berbunyi ganti dengan yang baru.

Bila tanda bunyi 9 kali, maka yang perlu diperiksa adalah : Kerusakan pada ROM BIOSnya, ini dapat diganti dengan ROM BIOS yang baru atau dapat diganti seluruh mainboardnya.
Bila tanda bunyi 10 kali, maka yang perlu diperiksa adalah : Kegagalan dalam pencatatan CMOS RAM, dimana system tidak dapat melakkan pencatatan dengan benar, dan system tidak dapat memperbaiki kesalahan tersebut, sehingga komputer akan mati/shutdown. Langkah selanjutnya adalah mengganti dengan yang baru mainboardnya.
Bila tanda bunyi 11 kali, maka yang perlu diperiksa adalah : Chache Memory rusak, kegagalan dalam melakukan Tes chace memory.langkah selanjutnya adalah mengganti chache memory tersebut.  Semua pesan ini disampaikan oleh mainboard yang dirancang/dibuat oleh American Megatrends, Inc. Sedang untuk mainboard dari jenis lain biasanya memiliki kode bunyi yang berbeda-beda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar